Pages

Lady Gaga si 'Mother Monster'

Penyanyi Lady Gaga kini tengah menjadi kontroversi lantaran konsernya di Jakarta pada 3 Juni mendatang terancam batal. Bagi Anda yang kurang familiar dengan Lady Gaga, mari mengenal lebih dekat dengan si Mother Monster!


Lady Gaga lahir dengan nama Stefani Joanne Angelina Germanotta, dari keluarga campuran Italia Amerika, di New York City pada tanggal 28 Maret 1986. Gaga adalah seorang kidal, dan belajar bermain piano dari umur empat tahun. Ia menulis lagu piano pertamanya pada usia 13 tahun dan tampil secara open mike pada umur 14 tahun.

Pada 2003 saat masuk New York University, Tisch School of the Arts, ia menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah anak perusahaan Interscope Records. Ia menulis lagu untuk beberapa artis, termasuk Britney Spears.


Nama 'Gaga' diambil dari lagu Queen berjudul 'Radio Gaga'. Ia juga memiliki julukan lain, 'Mother Monster'. Sementara para penggemarnya disebut 'Little Monster'.

Gaga menjadi terkenal setelah merilis album debutnya The Fame (2008). Dengan single 'Just Dance' dan 'Poker Face', album tersebut sukses baik secara kritik maupun komersial.

'The Fame' mencapai nomor satu di tangga album enam negara, menduduki puncak tangga lagu Billboard Dance/Electronic Albums sekaligus berada di nomor dua di tangga lagu Billboard 200 di Amerika Serikat, serta mencapai posisi sepuluh besar di seluruh dunia.

Album keduanya, 'The Fame Monster' (2009), menghasilkan dua single nomor satu di berbagai negara, "Bad Romance" dan "Telephone" sehingga ia memulai tur konser global kedua, The Monster Ball Tour, hanya beberapa bulan setelah selesai tur pertama, The Fame Ball Tour.

Album studio kedua 'Born This Way' dirilis pada Mei 2011, dan menduduki puncak tangga album di seluruh pasar musik dunia dengan lagu "Born This Way", "Judas", dan "The Edge of Glory".


Kontribusinya terhadap industri musik telah mengumpulkan banyak prestasi termasuk lima Grammy Awards, dari dua belas nominasi, dua Guinness World Records, dan penjualan 64 juta rekaman. Billboard memberi gelar padanya "Artis Terbaik 2010".

Gaga juga masuk dalam daftar '100 Orang Paling Berperngaruh di Dunia" versi majalah Time, serta tercantum di sejumlah daftar tahunan majalah Forbes termasuk "100 Selebriti Paling Berkuasa dan Berpengaruh di Dunia" dan mencapai nomor satu dalam daftar tahunan "100 Selebriti Paling Berkuasa".


Musik Gaga terinspirasi oleh artis glam rock seperti David Bowie dan Freddie Mercury, serta penyanyi dance-pop seperti Madonna dan Michael Jackson. Gaga juga diketahui dalam kegemarannya di bidang fashion dengan gaya busananya di atas panggung, serta dalam video musiknya.