Pages

Berlian Beau Sancy Laku Rp90 Miliar


Salah satu berlian tertua dan tersohor di dunia, Beau Sancy, telah terjual seharga US$9,7 juta setara Rp90 miliar pada sebuah lelang di Jenewa, Swiss.

Batu permata 35 karat berusia sekitar empat abad itu pernah dipakai oleh Marie de Medici pada penobatannya sebagai Ratu Prancis di tahun 1610. Sejak itu, berlian tersebut dialihkan kepada keluarga-keluarga kerajaan Eropa. Mereka menggunakannya untuk menonjolkan kekayaan dan membayar utang piutang.

Penawaran berlian berbentuk buah pir itu dimenangkan oleh seorang pembeli anonim. "Sangat langka bagi berlian sepenting ini untuk hadir di pasaran," ujar David Bennett dari rumah lelang Sotheby kepada BBC.

Ia juga mengatakan bahwa Beau Sancy tidak pernah berpindah tangan dari kerajaan. Wajar jika buku-buku sejarah pun menahbiskannya sebagai salah satu batu permata terkenal.

Setelah dikenakan pada penobatan Marie de Medici, berlian itu digadaikan oleh Mary Stuart demi membantu kakaknya, Charles II,  merebut kembali takhta Inggris.

Kemudian berlian tersebut menjadi perhiasan di tangan mahkota raja pertama dari Prusia, hingga akhirnya dijual oleh Royal House of Prussia, keturunan yang pernah menguasai Prusia.

Namun, karena pembelinya adalah anonim, tidak ada yang tahu apakah ia anggota keluarga kerajaan atau orang biasa.