Pages

Ladies Night, Lebih Ramai Tamu Pria Ketimbang Wanita


Ladies Night (LN) atau malam khusus wanita, adalah istilah populer dalam dunia klub dimana para wanita mendapatkan pelayanan lebih dari pihak klub, seperti masuk klub dan mendapat minuman gratis hingga acara spesial yang didedikasikan untuk mereka.

Di Indonesia, LN diadakan setiap hari Rabu malam. Mengapa Rabu? Menurut Kiki Utara, PR Director dari Ismaya Group yang menaungi klub Dragonfly dan Blowfish, hal ini mengikuti kebiasaan di Amerika yang memulai aktivitas clubbing yang biasanya dimulai hari Rabu dan seterusnya.

"Ide untuk mempopulerkan LN sebenarnya merupakan salah satu program marketing klub. Memperbanyak tamu wanita mulai dari para model, sosialita yang merupakan creme de la creme dari kota tersebut," ujar Kiki.

Kiki juga menambahkan bahwa di Dragonfly, musik yang diputar adalah genre classic disco yang notabene favorit para wanita. Namun kini Dragonfly tak lagi menerapkan istilah LN, jika memang masih ada, itu hanyalah asumsi masyarakat.

Di Amerika, isu Ladies Night sebagai agenda klub malam banyak diprotes. Di beberapa kota event ini dianggap sebagai pelanggaran kesetaraan gender. Untungnya di Indonesia tidak ditanggapi seserius itu dan malah menjadi malam favorit kaum pria yang ingin tebar pesona. Mengapa?

Menurut Zahra Zettira, media relation dari Lifestyle Unlimited yang menaungi klub X2, Equinox dan Diagonal, LN sudah memiliki imej tersendiri. Banyak pria menganggap jika clubbing di hari Rabu, akan banyak melihat wanita cantik, sehingga mayoritas tamu yang datang justru didominasi mereka, bukan wanita. "Justru pas weekend rasio wanita lebih banyak ketimbang pria, 60:40. Kalau di ladies night sebaliknya," ujar Zahra.