Pages

10 Permainan yang Kontroversial - 2

Video game telah menjadi sarana hiburan sangat populer saat ini. Sehingga banyak para developer berlomba lomba menyediakan permainan permainan baru. Namun beberapa permainan tersebut terdapat hal-hal yang kontroversial.

Permainan tersebut memiliki grafis atau jalan cerita yang terbilang tidak umum. Sehingga menuai kontroversi sekaligus kritik.

Mengutip dari Huffington Post, berikut permainan yang terbilang kontroversial:

10 Permainan yang Kontroversial 1-5

6. ManHunt 2

Pada 2008 Manhunt 2 dilarang beredar karena konten sadisme didalamnya. Rockstar selaku pengembang sempat merilis versi revisinya, namun, tetap dilarang diperjualbelikan. Jauh sebelumnya, padda 2004, Manhunt pertama menjadi berita utama koran-koran Inggris menyusul tewasnya seorang siswa 14 tahun akibat ditikam dan dipukul di Leicester, Inggris. Orang tua korban merasa yakin pembunuhnya memperoleh ilham dari permainan ini, kendatipun polisi dan pengacara menjelaskan tak ada bukti permainan ini memainkan peran dalam pembunuhan tersebut.

7. Grand Theft Auto: San Andreas

Teknologi yang disematkan ke permainan ini cukup canggih, yaitu landscape menggunakan perspektif Google Maps. Tapi disayangkan tema inti dari permainan ini mengajarkan perampokan, kekerasan dan narkoba. Bahkan dalam seri GTA: San Andreas, fitur permainan ini menghadirkan sebuah game mini yang bertajuk Hot Coffee. Dalam permainan mini itu terdapat adegan antara dua karakter game yang sedang melakukan hubungan seksual.

8. Ethnic Cleansing

Dari judulnya saja, sudah terindikasi permainan ini merupakan permainan dengan tema yang kontroversial. Dirilis pada tahun 2002, konsep permainan Ethnic Cleansing adalah untuk membunuh karakter berkulit hitam, latin dan Yahudi.





9. Mass Effect

Terdapat adegan seks opsional di Mars Effect yang membuatnya dikecam. Sebab adegannya dinilai terlalu terang-terangan dalam menunjukkan cara bermain seks sehingga menuai protes dari kalangan religius.





10. Mortal Kombat

Mortal Kombat dinilai sebagai salah satu game pertama yang mengagungkan kekerasan ekstrim yang sangat tampak di grafisnya. Pemain bahkan bisa membelah tubuh lawannya sehingga darah bercucuran. Padahal, banyak anak kecil yang memainkannya