Pages

Obama Sering Pakai Bahasa Indonesia Ketika Berbincang dengan Maya

Pengalaman pernah tinggal di Indonesia, ternyata meninggalkan kesan yang mendalam bagi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Dalam kesehariannya, jika bertemu saudara tirinya, Maya Soetoro, Obama kerap menyapa dengan Bahasa Indonesia.

"Ya kadang saya berbicara bahasa Indonesia dengan saudara saya (Obama). Dia bilang, seperti, 'aduh sakit, mau pijat'. Atau seperti 'wah kuat ya..' Atau ketika sedang makan ia bilang, 'enak ya," ujar saudara tiri Obama, Maya Soetoro kepada wartawan usai berdiskusi di @america di Pacific Place, Jakarta, Selasa, (5/6/12).

Menurutnya, itu mungkin beberapa kata yang masih dia ingat. Tapi Obama sebetulnya mengeri lebih banyak daripada yang pernah ia tunjukkan kepada saudarinya itu.

"Ia pernah bilang, 'saya mau ‎​bakso, tapi mereka kasih makanan bule," kenangnya sambil tertawa menirukan ucapan orang nomor satu di Amerika itu.

Menurut Maya yang juga lahir dan pernah tinggal di Indonesia, ungkapan saudaranya itu tidak mengherankan karena Obama memang terkesan dengan budaya yang pernah membesarkannya itu.

"Dia sangat terkesan dengan masakan Indonesia," ucapnya.